Loading Website
Ancaman Babak Kedua Antara Tim Arsenal VS Liverpool
Lensa Fakta. Laga superpanas bakal tersaji di Stadion Emirates, kandang Arsenal, Minggu (4/11) dini hari nanti. Liverpool yang menjadi salah satu dari tiga tim Premier League musim ini yang belum terkalahkan datang dengan ambisi besar. Menghentikan tren positif The Gunners di hadapan pendukung sendiri.

Namun, Arsenal yang akan dihadapi Liverpool dini hari nanti bukanlah tim yang tak mampu menang dalam 3 pertemuan terakhir keduanya. Arsenal musim ini sudah berbeda. Karena ada ahli strategi baru yang membuat performa The Gunners makin mantap. Unai Emery, sang pelatih anyar, telah membuat Arsenal tampil makin moncer. Pelan tapi pasti.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp pasti cukup mengenal sosok Unai Emery. Karena Emery lah yang pernah menggagalkan ambisinya mempersembahkan trofi bagi Liverpool. Pada musim perdananya bersama Liverpool, 2015-2016, Emery bersama Sevilla membuat Liverpool bertekuk lutut 1-3 di St.Jakob Park Basel.

Klopp dalam pre-match press conference Jumat kemarin (2/11) di Melwood mengatakan, Arsenal yang sedang ada di era baru sangatlah kuat. Sebelum bermain imbang 2-2 lawan Crystal Palace (28/10), The Gunners mencatatkan rekor selalu menang dalam 11 pertandingan di semua ajang.

“Ketika seorang pelatih baru datang maka semua pemain keluar dari zona nyaman. Apa yang dilakukan Emery sangat bagus setelah mereka menjalani awal yang sulit,” kata Klopp kepada Liverpool Echo.

Di dua laga pembuka musim ini, Arsenal sempat menjalani jadwal yang kurang bersahabat. Dengan situasi pelatih yang masih anyar mereka langsung babak belur oleh dua tim dari posisi 5 besar. Mesut Oezil dkk pun kalah 0-2 oleh Manchester City (12/8) dan 2-3 dari Chelsea (18/12).

“Pada babak kedua situasi berubah dengan sangat cepat. Tim kami seperti kehabisan tenaga setelah kami kebobolan gol kedua di menit ke-63,” ucap mantan pelatih Mainz 05 dan Borussia Dortmund itu. “Taktik Emery berjalan di babak kedua sedang strategi kami hanya berjalan di babak pertama.”
Dari kekalahan pahit itu Klopp belajar banyak dalam empat musimnya di Liverpool ini. Salah satunya yang paling mencolok musim ini adalah perbaikan lini belakang Liverpool. Sampai dengan pekan ke-10, Liverpool belum kalah dan hanya jebol empat kali. Nomor kedua paling sedikit bobol setelah Manchester City (3 gol).

Kalau melihat keempat gol yang bersarang ke gawang Liverpool musim ini, 3 di antaranya memang terjadi di babak kedua. Hanya saat lawan Chelsea (29/9), Liverpool kebobolan di babak pertama.
Repotnya, sejak ditangani Emery, Arsenal menjadi lebih membahayakan di babak kedua di kancah Premier League. Dari total 24 gol di level domestik, 17 di antaranya lahir di babak kedua. Kalau dipersentase maka Arsenal lebih berbahaya karena produktivitasnya mencapai 70,3 persen di 45 menit kedua.

Bek kiri Liverpool Andrew Robertson mengatakan kepada The Telegraph kalau kuartet lini belakang timnya beda dengan tiga musim lalu pada era Klopp. Masuknya Virgil van Dijk maupun kematangan Joe Gomez membuat lini belakang Liverpool lebih susah ditembus dibanding tahun lalu.

“Trent (Alexander-Arnold) sejak kembali dari Piala Dunia 2018 berkembang pesat. Joe (Gomez) kini pun bisa menembus Timnas Inggris padahal sebelumnya tak ada yang mengenalnya,” kata Robbo, sapaan Robertson. “Jangan lupakan juga Big Al (Alisson Becker, red.) di posisi kiper,” tambah bek asal Skotlandia itu.

Sementara itu, Emery kepada Football London mengatakan, ketika menuju babak kedua saat timnya tertinggal dari Liverpool di Basel dua tahun lalu, Emery membisikkan kata-kata motivasi kepada para pemainnya. “Saya minta kepada anak-anak untuk membayangkan seandainya kami saat ini bermain di Ramon Sanchez Pizjuan (markas Sevilla, red) dan bukan di Basel,” tutur Emery.

‘Mantra’ itu seperti menyihir skuad Los Nervionenses. Penyerang Sevilla Kevin Gameiro hanya membutuhkan 17 detik setelah babak kedua dimulai untuk mencetak gol. Terkena serangan blitzkrieg ala Jerman di Perang Dunia II, hancurlah mental Liverpool.

Pengalaman buruk itu harus jadi pelajaran bagi Klopp bersama pasukannya. Karena Arsenal yang mereka hadapi saat ini sudah jauh berbeda dibanding 2 musim lalu.

5 Pertemuan Terakhir
23/12/17: Arsenal 3-3 Liverpool
27/08/17: Liverpool 4-0 Arsenal
05/03/17: Liverpool 3-1 Arsenal
14/08/16: Arsenal 3-4 Liverpool
14/01/16: Liverpool 3-3 Arsenal
5 Pertandingan Terakhir Arsenal
01/11/18: Arsenal 2-1 Blackpool
28/10/18: Crystal Palace 2-2 Arsenal
25/10/18: Sporting Lisbon 0-1 Arsenal
23/10/18: Arsenal 3-1 Leicester City
07/10/18: Fulham 1-5 Arsenal
5 Pertandingan Terakhir Liverpool
27/10/18: Liverpool 4-1 Cardiff City
25/10/18: Liverpool 4-0 Crvena Zvezda
20/10/18: Huddersfield 0-1 Liverpool
07/10/18: Liverpool 0-0 Manchester City
04/10/18: Napoli 1-0 Liverpool
Perkiraan Susunan Pemain
Arsenal (4-2-3-1): Cech; Lichtsteiner, Mustafi, Holding, Xhaka; Torreira, Ramsey; Iwobi, Ozil, Aubameyang; Lacazette
Pelatih: Unai Emery
Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Wijnaldum; Shaqiri, Firmino, Mane; Salah
Pelatih: Jurgen Klopp
Prediksi JawaPos.com
Arsenal menang: 20%
Liverpool menang: 35%
Imbang: 45%

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: